Senin, 28 Oktober 2013

GERAK JATUH BEBAS DAN GERAK PARABOLA

GERAK JATUH BEBAS DAN GERAK PARABOLA

A. Gerak jatuh bebas adalah salah satu bentuk gerak lurus dalam satu dimensi yang hanya dipengaruhi oleh adanya gaya gravitasi.Sedangkan  Gerak parabola adalah gerak yang membentuk sudut tertentu terhadap bidang horizontal. Pada gerak parabola, gesekan diabaikan, dan gaya yang bekerja hanya gaya berat/percepatan gravitasi.Dalam penelitian ini saya dan rekan saya ,deodatus ingin mengetahui Apakah buku yang dijatuhkan tanpa kecepatan awal dari ketinggian yang sama dengan buku yang dilempar membentuk gerak parabola membutuhkan waktu yang sama untuk mencapai lantai.

B.Rumusan masalah    :Apakah buku yang dijatuhkan tanpa kecepatan awal dari ketinggian yang sama dengan buku yang dilempar membentuk gerak parabola membutuhkan waktu yang sama untuk mencapai lantai?


C.Dugaan sementara   :  buku yang dijatuhkan tanpa kecepatan awal dari ketinggian yang sama dengan buku  yang dilempar membentuk gerak parabola membutuhkan waktu yang sama untuk mencapai lantai

D.Definisi variabel         :
-Variabel manipulasi      : kecepatan yang diberikan kepada buku.
-Variabel kontrol           :massa buku dan ketinggian .
-Variabel respon            :waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tanah



E.Rancangan penelitian   : kita akan melakukan percobaan dengan menggunakan 2 buku
 1. Buku yang pertama akan dijatuhkan dari ketinggian 1 meter tanpa diberi dorongan apapun hanya dijatuhkan bebas atau dijatuhkan biasa.

2. Buku yang kedua akan dijatuhkan melalui meja dengan ketinggian 1 meter juga tetapi diberi dorongan dalam menjatuhkan buku tersebut.

3.Setelah itu kita menghitung waktu yang dibutuhkan kedua benda untuk mencapai ke tanah.


F.Tabel hasil pengamatan 

 buku
Ketinggian (H)
Perlakuan
Hasil (waktu)
Buku 1(buku biologi)
1 meter
Diberi kecepatan awal
0.83 sekon
Buku 2 (buku biologi)
1 meter
Tidak diberi kecepatan awal
0.83 sekon






G.Kesimpulan    
    waktu yang diperlukan untuk menjatuhkan buku dari ketinggian 1 meter tanpa diberi dorongan apapun ataupun diberi dorongan ke lantai adalah sama.





ARINI DINA YASMIN    / XI IPA 1 /27
MATIAS DEODATUS H./ XI IPA  1 /08

1 komentar: